Welcomce to Zona d'Zizta. Enjoy!. Powered by Blogger.

Joinmy Facebook

RSS

Ternyata Oh Ternyata!


Hari sabtu, jam satu adalah jadwal aku untuk belajar mata kuliah komputer perkantoran. Well, udah selama dua minggu ini,aku belajar tentang virus komputer dan kejahatan di dunia maya. Pas aku dapat materi dari dosen, aku merasa beruntung banget, soalnya aku selama ini ngga tau sebenarnya virus itu gimana, malah aku anteng-anteng aja (mo ada virus ato ngga bodo amatlah), hehe... sejak dapat materi tentang virus, aku bener-bener merawat laptap kesayangan aku (kesayangan karena emang laptop satu-satunnya :p), tapi lebih dari itu, aku pengen jaga data-data aku yang ada di laptop, lagu-lagu kesayangan aku, pilem-pilem, foto-foto, bahkan data-data kuliah aku, kalo ilang,,,, beuuuhhh....ngga tau deh gimana.




Dosen aku sih nyaranin buat back up data, biar kalo data kita ilang di laptop ada data cadangan. Tapi sampai sekarang belum aku back up juga. Pengen banget sih, tapi belum sempat buat beli CD (belum sempat apa emang ngga disempat-sempatin??) :D
Well, well, yang kedua aku belajar tentang kejehatan di dunia maya (cyber crime). Ternyata kejahatan di dunia maya itu sangat-sangat berbahaya. Tapi ada salutnya juga sih, berarti si penjahatnya bukan orang sembarang, tapi orang pinter yang ahli buat menembus data-data orang lain. Kalo yang dulu-dulu sih orang bisanya terang-terangan maling ayam, maling tipi, atau maling jemuran, tapi sekarang, si penjahat ngga perlu dateng ke rumah targetnya udah bisa dapet apa yang mereka inginkan. Tapi yang namanya kejahatan ya tetap aja ngga baik... hohoho.....

Dari dua materi itu, membuat aku semakin sadar buat menjaga keamanan laptop dan cara mengoperasikannya sangat penting. Aku mulai berangsur-angsur buat lebih hati-hati dalam mengupdate software bahkan untuk online sekalipun. Rencananya aku juga pengen ganti pasword akun-akun aku, ya buat jaga-jaga aja, soalnya aku rasa pasword aku masih lemah. Bisa aja suatu saat dibobol hacker..hiiii.... aku ngga mau,, :(

O y, aku juga dapet tugas dari dosenku untuk membuat makalah tentang virus komputer. Salah satu materi yang aku angkat adalah tentang tips menjaga komputer untuk terhindar dari viru. Nah, aku bagi ke kamu-kamu semuanya ya, semoga bermanfaat.
  • Update secara teratur; Sebuah software adalah ciptaan manusia. Sedangkan manusia, sudah kodratnya memiliki salah. Jadi, di tiap software ada sesuatu kesalahan yang dinamakan kesalahan pemrograman (bug). Tenang, selalu diciptakan software kecil untuk menambal kesalahan tersebut. Software kecil itu bernama patch. Jadi sistem operasi juga selalu diupdate (oleh pengembangnya) agar pengguna terlindung dari bug yang bisa dimanfaatkan untuk menyerang sistem operasi melalui virus. 
 
  • Gunakan software antivirus; Antivirus zaman sekarang, biasanya berbentuk monitor dan scanner. Di dalamnya terdapat database yang sudah dikode oleh pengembangnya dengan tanda pengenal (signature) virus, sehingga jika ada virus yang terdaftar di database, akan langsung dibasmi oleh antivirus
 
  • Firewall yang dikonfigurasi dengan baik; Jangan sembarangan mematikan firewall. Jika anda sedang online, jangan matikan firewall. Gunakan firewall yang sudah dipercaya publik kualitasya (hardware: Cisco, software: Comodo). Jika anda memperhatikan keamanan, jangan hemat anggaran security anda. Sebaiknya jangan ragu mengeluarkan dana untuk melindungi jaringan anda
 
  • Perdalam Pengetahuan; Dengan pengetahuan yang cukup, anda bisa mengetahui apa saja yang ada dalam sistem operasi anda. Anda bisa menangkal sendiri masalah virus yang terjadi di PC anda atau PC orang lain. Tidak perlu sampai mendatangkan technical support untuk sekedar mengatasi virus Erikimo. Apalagi menginstall ulang sistem hanya untuk membereskan Yuyun.Cantik. Bacalah majalah, buku, artikel, ensiklopedia, atau apapun tentang security. Inilah langkah awal (yang harusnya anda jalani) untuk menjadi seorang pengguna komputer.
Nah, semoga bermanfaat ya.....

Next week aku akan mempelajari tentang bloging. Materi yang sangat-sangat aku suka. Assssiiiiikkkk..... selain hobi, aku juga dapet ilmu, Great Materi :) 

LadiLa @ 8.40 PM 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

marrii....mariii....

Leave a comment ya...